24 September 2010

Menggunakan Knalpot Bising Pribadi Yang Bermasalah

Akhir - akhir ini saya sering terganggu dengan suara bising knalpot kendaraan bermotor, terlebih lagi rumah saya letaknya di pinggir jalan raya yang menuju sebuah sirkuit roadrace. Kebanyakan motor dua tax yang sangat mengganggu disertai dengan asap knalpot yang berbau dan berwarna. Saya tidak terlalu banyak tau, apakah motornya yang sudah tua, atau mesinnya bermasalah?. Cuma ketika sering memperhatikan , ternyata yang bersuara bising itu motor - motor keluaran baru, bukan motor yang mesinnya bermasalah. Semakin hari motor - motor itu lewat, knalpot diganti dengan yang bising, ada lagi yang membobok knalpot standar pabrikan, ada apa ini?. Satu waktu di hari libur saya tidur siang, belum lima menit menuju terlelap, lewat sebuah motor dengan suara bising yang sangat keras, sampai tidur pun tak bisa diteruskan. Bahkan suatu waktu ketika sedag memakai motor, di depan saya ada motor dengan suara yang sangat mengganggu, di gas lah supaya bisa mendahului motor tersebut, dengan maksud supaya tidak bising, tapi karena motor itu keluaran baru maka tidak terkejar, akhirnya melambat saja, supaya motor itu segera menjauh. Ada lagi kejadian ketika saya mengendarai motor malam hari, sudah sangat berisik tidak memakai lampu, sudah niat saya mau teriakin saja motor itu, semakin dekat ternyata yang mengendarainya memakai baju militer. Alhasil tidak jadi untuk menegornya. Akhirnya coba di analisa, ternyata bagaimana mau menindak suara-suara knalpot yang bising, orang aparat sendiri yang mencontohkan memakai knalpot dengan suara bising. Bagi saya orang yang memakai knalpot berisik mempunyai masalah secara psikologi, pakai motor yang sudah standar pabrikasi saja dirubah menjadi tidak standar dan mengganggu. Apalagi jika orang tersebut di beri amanah memimpin, mungkin sikapnya juga akan macam-macam dan nyeleneh. Mudah-mudahan ada solusi buat masalah ini, yang jelas aparat kepolisian yang bisa menghentikan ini semua. Dan menjadi catatan bahwa dengan menindak para pengguna knalpot bising ini jangan hanya menjadi proyek baru untuk para penegak hukum, semoga penegakan hukum berdampak positif bagi masyarakat. Wallalu'alam.

0 komentar: